30 Nov, Caretaker Gubernur Dilantik

30 Nov, Caretaker Gubernur Dilantik

\"-Dirjen \"150929079soedarmo_1\" \"-Dirjen

BENGKULU, BE - Provinsi Bengkulu dalam waktu dekat ini akan dimpimpin oleh  gubernur baru pasca berakhirnya masa jabatan Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah SAg MPd pada 29 November 2015 ini. Sejauh ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pun sudah melakukan persiapan pelantikan caretaker gubernur tersebut yang rencanakan akan gelar pada 30 November 2015.

\"Persiapan terus dilakukan oleh Kemendagri. Informasinya pelantikan langsung dilakukan keesokan harinya setelah Gubernur Bengkulu Pak Junaidi berakhir masa jabatannya. Pelantikannya nanti bukan di Bengkulu, melainkan di Kemendagri oleh Mendagri atas nama presiden RI,\" ungkap Pelaksana tugas (Plt) Sekda Provinsi Bengkulu, Drs H Sumardi MM, kemarin (19/11).

Siapa orangnya? Sumardi masih enggan menyebutkannya karena hingga saat ini belum ada SK pengangkatan caretaker atau penjabat gubernur Bengkulu dari Mendagri. Hal itu dikarenakan masa jabatan gubernur Bengkulu definitif belum berakhirnya.

\"Namanya belum bisa dipublikasikan, karena SK-nya belum ada,\" elaknya.

Menurutnya, yang hadir dalam pelantikan nanti tidak begitu banyak, melainkan beberapa pejabat saja seperti dirinya sendiri selaku Asisten I yang juga Plt Sekda, Plt Asisten II Ir H Buyung Azhari dan Asisten III Ir Drs H Sudoto MPd. Kehadiran para pejabat tersebut untuk mendampaingi mantan Gubernur Junaidi Hamsyah. Karena mantan gubernur akan diundang langsung untuk menghadiri pelantikan tersebut.

\"Kami mendapingi Pak Junaidi, karena tidak mungkin beliau hadir sendirian atau hanya bersama istrinya,\" terang Sumardi.

Karena sudahnya persiapan pelantikan tersebut, Sumardi mengaku kecil kemungkinan akan terjadi kekosongan gubernur di Provinsi Bengkulu. Mendagri pun sudah mengantisipasi kekosongan tersebut mengingat Sekda belum definitif sehingga secara aturan belum bisa menjadi pelaksana tugas harian (plh) gubernur.

\"Pelantikan tanggal 30 November, kalau ada halangan nanti misalnya Mendagri sedangkan berada di luar atau ada kendala lainnya, kita serahkan ke Mendagri bagaimana proses selanjutnya. Yang jelas tidak mungkin terjadi kekosongan jabatan,\" terangnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Mendagri, Dodi Riyadmadji saat dihubungi via telepon selularnya juga belum mengatahui siapa yang akan menjadikan caretaker gubernur Bengkulu. Namun ia memastikan bahwa caretaker tersebut merupakan pejabat eselon I di Kemendagri.

\"Saya belum tahu karena belum lihat SK-nya, yang jelas salah satu pejabat di Kemendagri ini yang sedang menduduki jabatan eselon satu,\" katanya.

Namun ia mengisyaratkan setidaknya ada 3 Dirjen yang berpeluang untuk dilantik menjadi caretaker gubernur Bengkulu. Karena ketiganya hingga saat belum dilantik menjadi caretaker di provinsi lain. Ketiganya adalah Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Sudarmo, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Nata Irawan dan Dirjen Kependudukan dan pencatatan sipil, Zudan Arif Fakrullah.

\"Kemungkinan salah satu dari tiga nama itu akan dilantikan, kalau ditanya siapa? Saya juga belum tahu,\" tukasnya.(400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: